Manfaat dan khasiat lengkap kandungan buah timun (Cucumis sativus L) bagi kesehatan tubuh, kecantikan wajah, mata dan manfaat medis lainnya

Posted on 1 views
Kesehatan merupakan idaman semua orang terutama ketika kita menginjak usia 30 tahun ke atas dimana daya tahan dan imun tubuh kita akan semakin menurun jika tidak diimbangi dengan pola makan dan olahraga yang tidak berimbang. Alternatif terbaik salah satunya adalah dengan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat dengan mengkonsumi banyak buah dan sayur.

Konsumsi sayur dan buah merupakan alternatif terbaik dalam menerapkan pola hidup dan mengkontrol kesehatan kita secara tradisional. Tidak dapat dipungkiri di usia yang mencapai 30 tahun ke atas akan sangat rentan dengan berbagai penyakit baik itu penyakit ringan maupun berat. Kali ini saya selaku penulis akan menjabarkan sedikit tentang cara menjaga pola hidup sehat secara tradisional dengan mengkonsumi rutin timun.

Loading...
Timun merupakan salah satu tanaman dengan daya hidup yang mudah dan sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah timun dalam bahasa latinnya dikenal sebagai Cucumis sativus L. Tanaman ini merupakan tanaman dalam kategori suku labu-labuan atau Cucurbitaceae.

Timun memilik habitat di dataran tinggi pada umumnya dengan kategori tanaman musiman. Suhu tumbuh biasanya berkisar di antara 21- 27 derajat celcius. Timun menghasilkan bunga pada usia empat sampai lima minggu. Bunga pertama adalah bunga jantan dan selebihnya adalah hermafrodit. Setelah menghasilkan bunga dan berbuah, selanjutnya akan mati. Tanaman Timun ( Cucumis sativus L ) dalam satu tanaman biasanya mencapai 20 buah. Khusus untuk budidaya tanaman biasanya jumlah ini dibatasi untuk mendapatkan hasil buah yang maksimal.

Komposisi dan Kandungan Buah Timun (Cucumis sativus L)

Buah timun (Cucumis sativus L) dengan komposisi air terbanyak ini sangat berperan penting dalam memberikan asupan gizi terbaik bagi kesehatan manusia. Asupan gizi ini dapat memberikan keseimbangan tubuh dan vitamin yang sangat dibutuhkan bagi hidup manusia dalam jangka waktu harian, rutin, bahkan bulanan. Berikut kandungan dan komposisi serta manfaat dari kandungan gizi buah timun dijabarkan sebagai berikut:

Kandungan Air

Kandungan air di dalam buah timun dapat menjadi penyeimbang kekurangan air dalam tubuh manusia, pelembab kulit, bahkan meningkatkan daya tahan imun dan meningkatkan konsentrasi bagi tubuh

Antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu unsur penting menjaga kestabilan jantung sehingga memberikan manfaat terbesar dan utama dalam mencegah penyakit jantung. Selain itu antioksidan ini mencegah percepatan penuaan. Fungsi lain dari antioksidan ini seprti menguatkan sistem imun tubuh, melindungi sistem saraf dan menyehatkan mata.

Vitamin A

Vitamin A berperan penting sebagai stabilitator fungsi penglihatan mata (menjaga kesehatan mata). Tidak hanya itu vitamin A juga memberikan manfaat besar kesehatan seperti memperkuat sistem imun, menunjang pertumbuhan janin, mencegah jerawat muncul, dan menjaga kesehatan tulang manusia.

Vitamin B1

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *